Penyanyi Bollywood di India Tidak Dibayar Untuk Rekaman Film


Pernahkah anda membayangkan bagaimana bisa seseorang bernyanyi tapi tidak dibayar alias gratis. Yah itu terjadi di India. Musisi India yang bernyanyi dalam film-film Bollywood tidaklah dibayar 1 sen pun. Ini berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di barat maupun Indonesia. 

Informasi ini saya dapatkan setelah memutar video random di youtube. Video ini di upload oleh channel  Ranveer Show dengan Judul video "How Do Musicians Earn Money In India? ft. Armaan Malik | TheRanveerShow Clips". Seorang host membuat pertanyaan sederhana kepada Armaan Malik tentang bagaimana penyanyi menghasilkan uang di India. Armaan Malik adalah seorang singer/penyanyi yang sangat sukses malang melintang di industri bollywood. Dia menjawab bahwa dia tidak dibayar untuk menyanyi di bollywood. Penghasilan dia dapatkan saat show langsung atau konser. Dia menjawab dengan jujur dan rendah hati.


Pernyataan mengejutkan ini baru-baru juga sempat disinggung Neha Kakkar melalui Rahul Vaidya dalam program Bigg Boss 14. “Kami sama sekali tidak dibayar untuk menyanyi di Bollywood. Apa yang terjadi adalah mereka merasa bahwa jika kita memberikan lagu superhit, penyanyi akan mendapatkan penghasilan melalui pertunjukan. Saya mendapatkan jumlah yang bagus dari konser langsung dan segalanya, tetapi Bollywood tidak memiliki adegan ini. Untuk membuat kami menyanyikan sebuah lagu, mereka tidak membayar." 

Jadi kurang lebihnya deperti ini, setiap penyanyi di India memiliki label artis. Penyanyi beryanyi dalam soundtrak film dan tidak mendapatkan bayaran apa-apa baik lagunya laku sekalipun tapi penyanyi merasa senang jika lagu yang dia bawakan hit karena akan menunjang penampilan panggung mereka. Di sini mereka mendapatkan bayaran sesungguhnya  Lagu tersebut akan di upload ke beberapa platform musik dengan pembagian royalti kepada komposer (pembuat lagu) dan penulis lirik lagu setelah di potong biaya label, platform dan promosi.


Komen aja dulu siapa tau akrab! Kebijakan Komentar

Lebih baru Lebih lama