Dirgahayu Indonesia ke 77 tahun | Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat


Pada Hari tepat 9 Ramadhan 1364 H, bertepatan dengan 17 Agustus 1945 kemerdekaan Indonesia diproklamasikan atas usul Kiai Hasyim Asy’ari. Proklamasi dilakukan Bung Karno dan ribuan orang di lapangan, dalam keadaan puasa semua berdoa dengan menengadahkan tangan ke langit untuk keberkahan negeri ini.

Syekh Al imam muhammad hussein alhusaini mufti besar negara Palestina pertama kali memberikan dukungan pada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Serta Mesir adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia secara resmi.

Kini Republik Indonesia telah merdeka sejak 17 Agustus 1945 dan telah berusia 77 tahun. Kenaikan umurnya selalu diperingati, pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya, sama seperti tahun ini. Merayakan kemerdekaan dapat menanamkan jiwa nasioalisime dan patriotisme selain itu dengan mengingat kemerdekaan kita menghargai para syahid yang telah gugur dalam kemerdekaan Indonesia.

Berbagai elemen bangsa Indonesia memperingatinya dengan berbagai kegiatan, seperti upacara pengibaran bendera merah putih, berbagai perlombaan, upacara keagamaan, dll. Ini semua merupakan ekspresi dari kebahagiaan dan rasa syukur bangsa Indonesia, Negara Kesatuan Republik Indonesia masih diberkahi umur panjang dalam segala kemajuannya.

Tidak sedikit netizen menyuarakan kemerdekaan lewat media sosial misalnya dengan update status tentang kemerdekaan baik video, audio dan teks. Tidak lupa juga memberinya hashtag agar trending. Hastagh #DirgahayuIndonesia menjadi salah satu slogan yang paling populer.

Peta geologi Indonesia yang berada di asia tenggara tentu tidak dapat dipisahkan dari pengaruh asia selatan khususnya pengaruh India hindu dan budha. Dirgahayu berasal dari bahasa sansekerta. dirghayuh, bermakna ‘bersinar cemerlang dalam masa hidup yang panjang' dan dirghayusa yang bermakna 'semoga diberkati usia panjang dan tumbuh secara harmonis, sehat, dan bugar'.

"Bahasa Indonesia menyerap kata tersebut menjadi 'dirgahayu', yang berarti 'berumur panjang," 

77 tahun Indonesia Merdeka apakah Indonesia sudah sepenuhnya merdeka?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kata merdeka memiliki beberapa definisi atau arti. Pertama, kemerdekaan dapat diartikan sebagai tidak adanya belenggu, penjajahan, dll. Makna kedua tidak dikena, atau dibebaskan dari berbagai persyaratan.

17 agustus 1945, Indonesia telah mendeklarasikan kebebasan intervensi dari negara lain maka poin pertama dalam arti merdeka sudah terpenuhi yaitu negara Indonesia merdeka, namun poin kedua belum sepenuhnya terpenuhi (rakyat Indonesia}.

Opini saya pribadi merdeka bukan berarti merdeka untuk diri sendiri tapi kemerdekaan untuk seluruh rakyat Indonesia baik dalam maupun luar negeri, baik di kota maupun di pelosok.

Mengingat Indonesia adalah negara yang sangat besar 7,81 juta km² dengan banyak pulau didominasi lautan. Saat ini jumlah penduduk Indonesia hampir 300 juta jiwa tentu membutuhkan waktu yang panjang untuk membuat seluruh rakyat dari sabang sampai merauke sejahtera dalam keadilan sosial.

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Apakah keadilan sosial sudah merata? jujur saja saya mengatakan belum merata bukan tidak. tolong pahami. Kesehatan, pendidikan dan infrastruktur kini hanya berpusat di kota-kota besar Indonesia sebut saja Jakarta dan dominan di pulau Jawa. Walaupun masih terus di usahakan agar semua dapat menikmati. Infrastruktur public tidak sepenuhnya dinikmati rakyat Indonesia hanya segelintir orang saja.

Selain kesehatan, pendidikan dan infrastruktur yang belum merata hal yang paling menonjol di era digital ini adalah ongkir atau ongkos kirim. 

Saya harap untuk Indonesia tengah dan timur punya ongkir subsidi karena di area Indonesia barat ongkir murah bahkan gratis yah mengingat karena pusat industri berada di sana. Oleh karena itu saya setuju apabila ibu kota berada di Indonesia tengah dan juga pusat industrinya tapi ingat sesuaikan dengan pemasukan negara ya pak hehe jangan sampai terjebak dalam hutang yang ada aturan administrasi dan pajak semakin naik sehingga jadi budak negara lain. 

Intinya harapan saya Indonesia khususnya rakyat Indonesia bisa jadi tuan di negeri sendiri. Infrastruktur publik dapat dinikmat gratis serta kesehatan dan pendidikan dapat dijangkau dengan mudah oleh semua kalangan.

#DirgahyuIndonesia

Komen aja dulu siapa tau akrab! Kebijakan Komentar

Lebih baru Lebih lama