7 Tips Ampuh Agar Tidak Mabuk Kendaraan

SUNARDI ALHATTAB - Mabuk kendaraan disebabkan oleh gerakan-gerakan yang ditimbulkan oleh kendaraan itu sendiri baik darat, laut dan udara. 

Mabuk kendaraan sering kali mengganggu selama perjalanan karena gejala yang ditimbulkan seperti kelelahan, sakit kepala, keringat dingin sampai muntah-muntah.

Jangan khawatir karena aku punya tips untuk menghilangkan kebiasaan yang memalukan tersebut wkwkwk bercanda ya bestie jangan baper. Mabuk kendaraan adalah hal yang wajar.

Berikut tipsnya 
                                                      

1. Olahraga dan istirahat yang cukup

        Olaharga diperlukan agar peredaran lancar. Peredaran darah yang lancar adalah jantung yang sehat. Oksigen menumpangi sel darah merah dari jantung di pompa bersamaan menuju seluruh tubuh agar kamu tidak mudah menguap dengan oksigen yang cukup. 

Tidur yang cukup adalah kegiatan dasar manusia untuk mengembalikan energi dan menyehatkan tubuh. Tidurlah minimal 8 jam sehari dan ingat jangan begadang.

2. Makan yang cukup

        Makan yang cukup sebelum berangkat sangat mujarab mencegah mabuk kendaraan karena tubuh akan mengalami kelelahan oleh sebab itu tubuh memerlukan energi yang didapatkan dari makanan. Makanlah makanan berkarbohidrat tinggi dan jangan banyak minum.

3. Konsumsi obat anti mabuk

        Kamu bisa konsumsi obat anti mabuk seperti antimo. Aku biasanya konsumsi antimo dengan obat sakit kepala seperti paramex. Antimo untuk anti muntah dan paramex anti sakit kepala. Tetap baca resepnya ya dan jangan berlebihan.

4. Minum atau makan jeruk


        Makanlah jeruk karena jeruk mengandung antioksidan yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas. Selain itu kamu juga bisa memakan kulit jeruknya saat dalam perjalanan. Sensasi rasa dan bau kulit jeruk membuat kamu fresh kembali. BTW fungsi utama kulit jeruk adalah membersihkan paru-paru. Saya merekomendasikan meminum you c1000 ini bukan endors tapi you c1000 mempunya rasa jeruk manis dan asam yang lebih baik serta kemasan botol kecil yang membuatmu tidak terlalu banyak minum.

5. Rilex

        Cobalah untuk santai seperti hari-harimu yang biasa jangan tegang. Nikmati sepanjang perjalanan dengan pandangan ke depan. Aku biasanya memakai earphone dengan musik DJ untuk mengalihkan perhatian. Kamu bisa mencobanya. Jika kamu mulai merasakan gejala tidak enak badan mulailah tarik napas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. lakukan ini sampai kamu membaik, ini berfungsi agar oksigen dalam tubuh berjalan dengan baik.

6. Biasakan berkendara

        Pepatah arab mengatakan "kita bisa karena biasa" benar saja semuanya akan bisa jika sudah terbiasa. Kamu perlu membiasakan berkendara untuk membiasakannya. Ada 3 hal yang perlu kamu biasakan yaitu kaki darat, kaki laut dan kaki udara. kaki darat adalah kendaraan di daratan, kaki laut adalah kapal dan kaki udara adalah pesawat. Kamu harus membiasakan kakimu ke tiga tempat ini.

7. Periksa kesehatan

        Jika kamu masih mabuk setelah menerapkan poin-poin di atas ada baiknya kamu memeriksakan diri ke dokter. Paling banyak kasus karena anemia atau kurang darah. Kurang darah jangan langsung minum obat penambah darah ya karena anemia sendiri terbagi dalam beberapa hal. Aada anemia karena zat besi dan ada anemia karena asam folat dll. Makanlah buah-buahan rutinkan dan rutinkan minum susu.

1 Komentar

Komen aja dulu siapa tau akrab! Kebijakan Komentar

Lebih baru Lebih lama