Setelah Sekian Lama Akhirnya Download Whatsapp Lagi

 



SUNARDI ALHATTAB - Jadi pada pas malam lebaran idul adha 1443 H aku kembali download dan instal whtasapp messenger setelah beberapa tahun terakhir absen. Kok bisa sih gitu? yuk cus...

Dari awal ya aku mau cerita dulu mengapa aku sempat uninstal whatsapp messenger. Jadi aku dulunya pakai whatsapp lama kalau tidak salah sejak tahun 2015. Seiring waktu berjalan aku mulai mengenal telegram messenger sekitar tahun 2017. Sejak saat itu aku nyaman dengan persembahan telegram messenger dibanding whatsapp messenger eaaa kayak selingkuhan aja wkwkwk joke ya bray.

Berikut ini adalah beberapa fitur telegram yang bikin nyaman

1. PRIVACY
    Dibanding whatsapp messenger, telegram messenger lebih unggul dalam hal privacy mengapa demikian. Dalam hal end-to-end encryption (enkripsi ujung ke ujung) meskipun whatsapp juga punya tapi telegram dalam chat telegram benar-benar end-to-end karena telegram tidak menyimpan obrolan pribadi di servernya maupun pihak ke-3 seperti pemerintahan negara. Ingat untuk gunakan fitur ini dengan obrolan rahasia atau secret chat.

2. DATA
    Telegram tidak memproses data pribadi untuk menampilkan iklan dan tidak menjualnya. Data pribadi seperti kontak nomor HP, email serta identitas lainnya.

3. LAYANAN CLOUD
    Telegram adalah layanan cloud.  Telegram menyimpan pesan, foto, video, dan dokumen dari obrolan cloud Anda di server telegram sehingga Anda dapat mengakses data Anda dari perangkat mana pun kapan saja tanpa harus bergantung pada cadangan pihak ketiga.  Semua data disimpan dengan sangat terenkripsi dan kunci enkripsi dalam setiap kasus disimpan di beberapa pusat data lain di yurisdiksi yang berbeda.  Dengan cara ini insinyur lokal atau penyusup fisik tidak bisa mendapatkan akses ke data pengguna. Ini yang paling aku suka. Selengkapnya 

3. BOT
Sangat senang menggunakan bot telegram. Umumnya, bot beroperasi menggunakan internet dengan begitu, bot dapat dimanfaatkan untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia. Seperti yang aku pakai bot pendownload media dari berbagai platfom. Bot pengubah file media dan masih banyak lagi.

4. Username
Telegram punya fitur username. Username yang berawalam "@" dengan fitur ini kamu bisa aman chat-an dengan orang asing tanpa tahu nomor aslimu.

5. Grup dan Channel
Grup di telegram bisa menampung ribuan member dan channel yang tidak terbatas. Banyak channel dan grup yang sangat bermanfaat yang bisa di ikuti. Jangan lupa ikuti channel saya @sunardialhattab

6. PENCARIAN GLOBAL
Pencarian global kamu bisa menemukan apa saja yang sedang kamu cari di dunia ini.

6 poin diatas adalah beberapa fitur yang bagus menurut aku dari sekian banyak fitur lainnya. Cobain deh. 

Nah intinya telegram dan whatsapp keduanya adalah aplikasi messenger/pesan fungsinya sama untuk komunikasi. Nah aku kan orangnya yang gak mau ribet, daripada menuh-menuhin memori mending uninstal whatsapp dan pakai telegram messenger yang lebih kaya fitur. Tapi kendalanya kerabat masih nyaman di whatsapp dan itu menyulitkan untuk komunikasi dan jalin silaturrahmi setelah aku uninstal whatsapp. 

Selain tampilannya yang sederhana Whatsapp punya keunggulan fitur story yang diminati dari remaja sampai ibu-ibu dan bapak-bapack dan beberapa provider di Indonesia ikut menyertakan paket bundling gratis whatsapp setiap pembelian paket. Inilah yang membuat user bertahan dan enggan migrasi ke telegram. 

Karena alasan ingin menyambung silaturrahmi yang lebih baik Bismillah pakai whatsapp lagi. Tidak apa-apa telegram akan tetap aktif karena aku suka. Aku bisa pakai telegram untuk memaksimalkan membangun channel dan grup bermanfaat serta mengandalkan bot-botnya dan untuk join cahnnel dan grup bermanfaat lainnya.

Telegram untuk produktif whatsapp untuk silaturrahmi entah besok atau nanti aku percaya telegram akan jadi aplikasi perpesanan masa depan.

Komen aja dulu siapa tau akrab! Kebijakan Komentar

Lebih baru Lebih lama