Ternyata Kerupuk Mengandung Boraks Yang Berbahaya Bagi Tubuh

Disclaimer: Saya tidak bermaksud menyamaratakan semua pembuat kerupuk.
Pernakah kamu menyangka sebelumnya jika kerupuk yang nikmat apalagi dimakan dengan nasi ternyata mengandung boraks? Jika kamu tidak tahu apa itu boraks mari kita jabarkan.

Boraks adalah campuran garam mineral konsentrasi tinggi. Sinonimnya natrium biborat, natrium piroborat, natrium tetraborat. Dalam dunia industri, boraks menjadi bahan solder, bahan pembersih, pengawet kayu, antiseptik kayu, dan pengontrol kecoa.
Bleng/Boraks

Kita mengenal boraks sebagai bentuk murni dari bleng. Penggunaan blend dalam produk makanan dirancang untuk memberikan aroma dan rasa yang unik, sekaligus elastis dan mengembang pada adonan. Tekstur dan tampilan makanannya bagus. Blend membuat kue gendar/karak/puli mekar dan terasa renyah saat digoreng. Zat tersebut juga berfungsi sebagai pengawet dan pengeras pada mie, lontong, kecap, bakso, kecap, cenil, lupus, dan sosis. Industri kerupuk banyak memakai bleng.walaupun sebenarnya bahan ini tidak boleh digunakan untuk makanan.

Ya, blend adalah bahan kimia yang sebenarnya tidak baik untuk tubuh kita. Mengkonsumsi makanan yang mengandung boraks belum tentu berdampak buruk bagi kesehatan, namun boraks menumpuk sedikit demi sedikit karena terakumulasi dan terserap dalam tubuh konsumen. Konsumsi makanan boraks secara teratur dapat menyebabkan penyakit otak, hati, lemak dan ginjal. Penggunaan boraks secara berlebihan dapat menyebabkan demam, anuria (tidak ada produksi urin), koma, iritasi sistem saraf pusat, depresi, apatis, sianosis, penurunan tekanan darah, kerusakan ginjal, pingsan, bahkan kematian.

Saya memang jarang makan kerupuk dan setelah mengetahui ini saya pribadi jadi mengontrol kerupuk yang saya akan komsumsi tapi bukan berarti saya tidak makan kerupuk ya. Saya hanya mengontrolnya tapi sebisa mungkin NO.

Komen aja dulu siapa tau akrab! Kebijakan Komentar

Lebih baru Lebih lama