Mengenal Tradisi Suku Mandar - Sulawesi Barat


Mengenal Suku Mandar
Suku Mandar adalah suku bangsa yang menempati wilayah Sulawesi Barat, serta sebagian Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah Populasi Suku Mandar dengan jumlah Signifikan juga dapat ditemui di luar Sulawesi seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Jawa dan Sumatra bahkan sampai ke Malaysia. Wikipedia
Motto Sulawesi barat adalah "Millete Diatonganan" yang berarti "berpijak pada kebenaran".

Suku Mandar berbeda dengan suku Bugis
Banyak yang salah paham tentang ini. Walaupun memiliki adat istiadat yang mirip namun keduanya berbeda. Mandar ialah suatu kesatuan etnis yang berada di Sulawesi Barat yang membentang dari tepi selat makassar sampai pegunungan quarless timur. Sulawesi Barat adalah hasil pemekaran dari provinsi Sulawsei Selatan diresmikan pada tanggal 5 Oktober 2004. Bahasa Mandar adalah bahasa persatuan suku Mandar. Suku Bugis adalah kelompok etnis berbahasa Bugis dengan wilayah asal Sulawesi Selatan. Mandar dan bugis sama-sama keturunan Melayu muda yang berasal dari India belakang atau AsiaTenggara. 

Orang Mandar Adalah Pelaut Ulung

Cristian pelras adalah seorang etnolog Prancis yang ahli mengenai Indonesia khususnya Celebes atau Sulawesi. Dalam bukunya yang ia tulis "Manusia Bugis" dikatakan orang Bugis yang selama ini dianggap sebagai pelaut ulung sebenarnya bukan semata pelaut namun lebih tepatnya mereka adalah pedagang yang memanfaatkan laut dan alat-alat perairan. Orang Mandarlah pelaut yang lebih ulung. Suku Mandar unggul sebagai pelaut bukan dari alat-alat yang canggih dan kapal-kapal besar yang kokoh. Keunggulan mereka justru terletak pada dua teknologi perikanan lokal yang mereka kembangkan sendiri. Yang pertama adalah rumpon. Hingga kini, alat yang mulanya dikembangkan oleh masyarakat pesisir teluk Mandar ini lazim digunakan di banyak negara. Yang kedua adalah perahu sandeq. Perahu jenis ini punya ciri khas bercadik tradisional dan dikenal sangat cepat. Meski memiliki keunggulan di laut, masyarakat suku Mandar bisa dibilang sangat bersahaja. Mereka tidak membuat keunggulan itu sebagai alat untuk mendominasi suku lain melainkan hanya memanfaatkannya untuk mengatasi tantangan alam.

Pakaian tradisional pria suku Mandar

perpaduan jas dan celana hitam dengan kain sarung tenun warna merah bercorak khas Mandar dikenakan dipinggang layaknya memakai sarung, seperti songket yang dikenakan bangsa melayu pada umumnya. serta penutup kepala yang disebut songkok tabone, menjadikan pakaian adat Suku Mandar terlihat elegan dan menawan. Bagaimana Wapres KH. Ma'ruf Amin keren kan pakai adat suku Mandar.

Rumah tradisional suku Mandar
Rumah dalam bahasa Mandar disebut boyang. Boyang memiliki struktur rumah panggung yang menggunakan material kayu. 
Ada 2 jenis boyang yaitu boyang ada' dan boyang biasa. 

Makanan tradisional suku Mandar 
Makanan tradisional suku mandar sungguh banyak rupa tetapi beberapa memiliki ikon yang kuat tentang Sulawesi barat yaitu bau peapi. Bau peapi berarti ikan yang dimasak. Bau peapi memiliki ciri khas pada rasa yang nikmat dan kuah yang kental sedap apalagi dimakan dengan jepa.

Kesenian tradisional suku Mandar

Beberapa tradisi suku Mandar diantaranya Tradisi Sayyang Pattu'du atau "kuda menari"
Pappasiloba Lopi sandeq dan Kalindaqdaq atau pantun mandar.

Komen aja dulu siapa tau akrab! Kebijakan Komentar

Lebih baru Lebih lama